TINGKATKAN KOMITMEN, MTS N 39 ADAKAN ORDIK UNTUK SELURUH PESERTA ESKUL

Kegiatan ektrsakurikuler (eskul) MTs N 39 Jakarta selalu berjalan secara dinamis. Setiap cabang eskul memiliki jumlah peserta cukup banyak, dan masing masing aktif dengan kegiatannya bahkan beberapa eskul aktif dalam ajang lomba dan mendapat prestasi yang cukup membanggakan. Keberadaan banyak eskul ini tentu perlu disinergikan agar dapat saling support untuk kemajuan MTs N 39. Untuk itu pada tahun pelajaran 2022-2023 ini, diadakan Ordik (Orentasi dan Pendidikan) bagi peserta eskul yang di MTs N 39 Jakarta.

Jumlah cabang eskul MTs N 39 Jakarta  adalah sebanyak 1 cabang kegiatan, yaitu :

  1. Pramuka
  2. PMR (PAlang Merah Remaja)
  3. Tae Kwondo
  4. Pencak Silat
  5. KIR (Karya Ilmiah Remaja)
  6. Paskibra
  7. Hadroh
  8. Desain Grafis
  9. Paduan Suara
  10. Futsal

Kesepuluh eskul tersebut mengikuti kegiatan Ordik yang diselenggarakan di MTs N 39, selama 2 hari 1 malam, pada Jumat – Sabtu, 16 -17 Desember 2022. Adapun jumlah peserta sebanya 340 peserta dari seluruh eskul. Hadir salam acara tersebut para pembina dan pelatih eskul.

Kegiatan Ordik dimulai pukul 15.00 WIB yang diawali dengan acara apel pembukaan di lapangan diikuti oleh seluruh peserta eskul, pembina dan pelatih eskul. Apel pembukaan diawali dengan laporan oleh ketua panitia Ordik, Muazah. Muazah menyampaikan bahwa seluruh kelengkapan acara telah dipersiapkan dengan matang sesuai SOP yang berlaku. Kemudian dilanjutkan peresmian pembukaan acara Ordik oleh kepala madrasah MTs N 39 Jakarta, Mimin Suryatiningrat.

Dalam sambutannya, Kepala madrasah berharap agar peserta Ordik dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik baiknya, sehingga selesai Ordik peserta mendapat motivasi dan bekal wawasan yang dapat memacu peserta prestasi dan pengelolaan eskul dengan baik.

Adapun selama 2 hari tersebut peserta Ordik mengikuti beberapa kegiatan dan materi seperti penguatan pengetahuan tiap eskul, wawasan pengembangan diri dan prestasi. Kegiatan Ordik ini juga menjadi semacam peresmian bagi anggota baru.  Selain itu dalam penghujung acara Ordik ini ada acara demo eskul, dimana setiap cabang eskul secara bergantian menampilkan atraksinya.

Menurut Hartanti, wakil kesiswaan MTs N 39, kegiatan Ordik ini juga bertujuan untuk mensinergikan antar eskul serta mengakrabkan hubungan antar peserta eskul. Karena pada malam hari dilaksanakan  acara api unggun dan malam hiburan. Di acara ini, disediakan ruang ekspresi bagi setiap peserta yang mempunyai bakat seni seperti musik dan menyanyi untuk tampil menghibur teman temannya. Dan ternyata di kalangan siswa MTs N 39 ini memang banyak bertebaran bakat bermusik dan bernyanyi yang bagus. Acara malam hiburan menjadi meriah karena mereka bisa bernyanyi Bersama sambal menikmati kehangatan api ungggun.

Kegiatan Ordik ini berakhir pada hari kedua setelah selesainya acara demo eskul. Kegiatan penutup dilakukan dengan apel penutupan yang diikuti oleh seluruh peserta eskul. Penutupan Ordik dilaksanakan oleh wakil Kesiswaan, hartanti. Dalam sambutan penutupnya, Hartanti menyampaikan terimakasih atas partisipasi seluruh eskul dan para pembina serta pelatihnya. Hartanti mengharapkan dengan Ordik ini para peserta eskul akan semakin terdorong dan berkomitmen  untuk memajukan setiap eskul yang ada di MTs N 39 ini dengan cara aktif dalam berbagai event serta mampu menyumbangkan prestasi eskul MTs N 39 Jakarta.

Selesai apel penutupan peserta eskul berkumpul dengan masing masing pembina untuk menerima sertifikat Ordik. Setelah itu mereka berpamitan kepada pembina dan pelatih kemudian pulang ke rumah masing masing.

Tentu saja hal diatas dapat terlaksana dengan baik berkat kerja sama dan dukungan banyak pihak, salah satunya adalah support dari komite madrasah. Kegiatan Ordik ini berjalan lancar juga berkat bantuan pendanaan dari komite. Pada event ini, komite mensupport kelancaraan iuran peserta, serta ketersediaan konsumsi peserta serta panitia. Tentu hal ini merupakan sinergi yang sangat baik antara madrasah dengan komite.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *