
Siang ini, Rabu, 5 Februari 2020, pasca sholat dhuhur berjamaah siswa kelas VIII.1 bergerak menuju ruang perpustakaan. Sesuai jadwal mereka belajar mata pelajaran bahasa Indonesia dengan guru pengampu Mahmudah, S.Pd. Materi pelajaran hari ini adalah membuat teks persuasi.
Menurut Mahmudah, pembelajaran dilaksankan di ruang perpustakaan dengan beberapa tujuan, diantaranya membiasakan siswa mengunjungi perpustakaan dan menjadikannya sebagai tempat meluangkan waktu kosong sehingga akan terbangun kebiasaan membaca. Selain itu belajar di perpustakaan juga mengajarkan siswa menggunakan buku sebagai sumber referensi dalam penulisan. Terlebih, menurutnya, materi hari ini tentang membuat teks persuasif.
Dalam proses pembelajaran ini, guru memberikan sedikit instruksi kepada para siswa, kemudian mereka aktif mencari referensi sebagai rujukan dalam membuat teks persuasive. Intruksinya adalah siswa membuat teks persuasive sebanyak 3 paragraf. Sebagai bahan untuk memberikan keyakinan dari teks yang mereka buat maka mereka perlu memperkuat dengan data dan fakta yang dapat mereka gai dari berbagai sumber referensi yang harus dibaca terlebih dahulu.
Terlihat para siswa kemudian hilir mudik aktif mencari dan membaca buku. Setelah itu mereka pun mulai menuliskan gagasan mereka dalam paragraph paragraph di buku mereka. Sementara, Mahmudah, sebagai guru memantau kegiatan siswa selama kegiatan membaca buku, memahami dan menuliskan gagasan mereka. Sesekali Mahmudah mempersilahkan siswa bertanya jika dalam kegiatan menulis mereka mengalami kendala.
Menurut Mahmudah, siswa sangat betah belajar di perpustakaan. Sebabnya menurut Mahmudah, selain ruangan perpustakaan sangat bersih juga sangat sejuk berkat adanya AC yang berfungsi secara maksimal. Setelah selsai tugas, para siswa mengumpulkan buku mereka kepada guru untuk selanjutnya dikoreksi.